Pertemuan 1 Pengenalan Java

Pertemuan 1 Pengenalan Java

Pertemuan 1 Pengenalan JavaJava merupakan bahasa pemrograman berorientasi objek. Java dikembangkan oleh Sun Microsystems pada tahun 1995. Sebelum nya sempat dinamakan “Oak”. Nama Oak diambil dari pohon Oak yang tumbuh di depan jendela ruangan kerja “Bapak Java”, yaitu James Gosling. Nama Oak ini tidak dipakai untuk versi release Java karena ada sebuah perangkat lunak yang telah menggunakan nama tersebut dan telah memasuki dunia perdagangan. Sehingga diambil nama penggantinya menjadi “Java”. Kata “Java” diambil kopi tubruk kesukaan James Gosling. Dikarenakan kopi tubruk tersebut berasal dari daerah Jawa, jadi nama bahasa pemrograman Java tidak lain berasal dari kata Jawa yang diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris, yaitu Java.

Sekilas review mengenai apa itu Algoritma.

Algoritma yaitu Urutan langkah-langkah logis penyelesaian masalah yang disusun secara sistematis. Penulisan algoritma dapat dilakukan dengan narasi, atau pun pseudocode maupun melalui notasi-notasi yang biasanya disebut Flowchart.

Flowchart merupakan bagan berarus/mengalir berbentuk notasi-notasi yang menjelaskan langkah-langkah penyelesaian masalah. Berikut notasi-notasi yang terdapat di dalam flowchart :

  • TerminatorFlowchart Terminator
    Untuk menandakan awalnya flowchart maupun berakhirnya flowchart, yaitu Start dan Finish.
  • PreparationFlowchart Preparation
    Digunakan untuk mempersiapkan hal-hal yang akan dipergunakan untuk mendukung flowchart dalam penyelesaian masalah. Bentuknya yaitu segi enam.
  • Input/OutputFlowchart InputOutput
    Sebagai proses inputan ataupun hasil keluaran ( Output ). Bentuknya seperti jajar genjang.
  • Process
    Sebagai proses yang dijalankan dalam flowchart. Bentuknya persegi panjang.Flowchart Process
  • DecisionFlowchart Decision
    Sebagai lambang pilihan kondisi. Notasi ini akan mengeluarkan cabang 2 dimana yang satunya bernilai benar dan satunya lagi bernilai salah. Bentuknya seperti belah ketupat
  • Flow Control/LineFlowchart FlowControl
    Sebagai arus penghubung antar notasi-notasi flowchart

Karakteristik Java :

  1. Sederhana
    Bahasa pemrograman java itu mudah untuk dibuat dan mudah untuk dibaca maupun dipahami. Konsep Bahasa pemrograman java mirip seperti Bahasa pemrograman C++, hanya saja java lebih simple dan lebih cepat dipelajari. Java juga menggunakan memory garbage collection dan automatic memory allocation ( alokasi memori secara otomatis )
  2. Robust
    Java memiliki kelebihan dibandingkan dengan Bahasa pemrograman lainnya, yaitu tingkat ketelitian yang tinggi dalam mendeteksi kesalahan atau error. Java mempunyai Runtime Exception Handling untuk mengatasi error pemrograman
  3. Portable
    Program java dapat dijalankan di berbagai platform seperti Windows, Linux, Mac. Dari inilah muncul slogan “Write once, run anywhere”.
  4. Berorientasi Objek ( Object Oriented )
    Java merupakan Bahasa pemrograman berorientasi objek yang murni yang melakukan interaksi antar objek-objek. Objek-objek tersebut memiliki ciri-ciri yaitu memiliki atribut ( variabel ) dan tingkah laku/behavior ( method ).

Jika kita berbicara Object Oriented, di bawah ini ada menjelaskan apa-apa saja sih yang mencerminkan bahasa pemrograman tersebut merupakan orientasi objek.

  1. Kelas dan Objek
    Sebagai blueprint yang berfungsi sebagai tempat pendeklarasian variabel-variabel, method-method dari objek nyata.
    Objek memiliki atribut-atribut, tingkah laku ( behavior ) / method seperti layaknya benda di kehidupan sehari-hari.
  2. Variabel
    Nilai atau value yang disimpan sebagai karakteristik atau ciri-ciri dari sebuah objek.
  3. Method
    Disebut juga sebagai behavior/tingkah laku dari sebuah objek.
  4. Diagram Kelas
    Merupakan salah satu dari UML ( Unified Modelling Language ) yang menjelaskan hubungan antar kelas-kelas. Bentuknya persegi panjang yang dibagi 3 baris, yaitu Row pertama diisi nama kelas, row kedua diisi variabel-variabel, dan row ketiga diisi method-method baik void maupun non void.
  5. Perulangan ( Looping )
    Proses eksekusi baris program secara terus-menerus hingga suatu kondisi tersebut tidak terpenuhi. Terdiri dari 3 jenis looping yaitu for, do-while, while.
  6. Kondisi ( Decision )
    Suatu baris program jika memenuhi kondisi tertentu, maka akan dieksekusi. Jika tidak maka akan menuju ke kondisi berikutnya atau bahkan memiliki penanganan error

Kelebihan yang dimiliki Java, antara lain :

  1. Multiplatform
    Mau di Windows, Linux, maupun Mac, Java tetap bisa dijalankan walaupun di berbeda platform. Hal ini disebabkan setiap platform memiliki JRE tersendiri yang digunakan untuk menjalankan program java.
  2. Multithreading
    Multithreading yaitu menjalankan dua atau lebih task ( tugas ) yang dieksekusi dalam satu program secara konkruen ( pada saat yang bersamaan ).

Kekurangan yang dimiliki Java :

  1. Mudah didekompilasi
    Aplikasi yang sudah jadi sulit disembunyikan dan mudah diambil kode sumbernya oleh orang lain, dengan kata lain dibajak. Dekompilasi disini maksudnya proses membalikkan aplikasi java menjadi kode sumber.

  2. Penggunaan memori yang banyak
    Bahasa pemrograman java menggunakan memori lebih banyak dibandingkan Bahasa pemrograman lainnya seperti C/C++, Pascal dan Bahasa lainnya.

Java juga memiliki beberapa platform yang terdiri dari :

  • J2SE ( Java 2 Standart Edition )
    Platform ini seperti yang diketahui sebagai bagian dasarnya pemrograman java. Umumnya digunakan untuk membuat aplikasi berbasis Desktop. Platform ini terdiri dari koding-koding dasar java, variabel, tipe-tipe data primitif, array, JDBC ( Java Database Connectivity ) dan banyak hal lainnya.
  • J2ME ( Java 2 Micro Edition )
    Platform J2ME ini lebih difokuskan kepada pengembangan aplikasi berbasis embedded systems, mobile dan perangkat kecil lainnya. Karena lebih mengarah pada perangkat mobile dan perangkat kecil lainnya, tentunya memiliki keterbatasan seperti layar yang kecil, muatan baterai terbatas, power processing, dan lain-lain.
  • J2EE ( Java 2 Enterprise Edition )
    Platform versi Enterprise ini memiliki implementasi yang banyak dalam java, seperti pengembangan aplikasi web, jaringan dan lain-lain. J2EE memiliki fitur-fitur yang baru seperti Servlets, JavaBeans, Java Message Services dan masih banyak lagi. Biasanya digunakan oleh para developer yang sudah ahli dalam melakukan bisnis.

Istilah-Istilah Umum Java :

Compile Proses java to class

  • JRE ( Java Runtime Environment )
    Menyediakan libraries, JVM ( Java Virtual Machines ) dan beberapa komponen lainnya untuk menjalankan aplikasi yang menggunakan bahasa pemrograman java.
  • JVM ( Java Virtual Machines )
    Mengeksekusi byte code berupa file .class yang dapat dipahami atau dimengerti oleh komputer. JVM inilah mengirim file berekstensi class agar dikenali oleh komputer
  • JDK ( Java Development Kit )
    Diperlukan untuk membuat program java, biasanya diperlukan oleh developer atau dari sisi programmernya. JDK juga berfungsi untuk mengcompile file java menjadi file class berisi byte code.
  • IDE ( Integrated Development Environment )
    Software atau perangkat lunak yang membangun program aplikasi khususnya menggunakan bahasa java. Contoh Software : Netbeans IDE, Eclipse, dan lain-lain.
–> Logo Software Netbeans IDENetbeans

Eclipse

 –> logo software eclipse

 

Teknologi Java yang dikembangkan yaitu :

  • Database
  • Development Tools
  • J2EE Application Server
  • Java Programming
  • Web Application Framework

Referensi yang mendukung :

http://titisitimulyati.blog.widyatama.ac.id/2015/09/24/sejarah-java/

http://www.c4learn.com/java/java-characteristics-features/

http://ilmupemrogramans.blogspot.co.id/2014/06/karakteristik-dalam- pemrograman-java.html

https://komputasi.wordpress.com/2009/08/14/java-memulai-pemrograman-multithreading/

http://wahidin-alambiyah-19.blogspot.co.id/2014/12/kelebihan-dan-kekurangan-java.html

http://www.geeksforgeeks.org/j2se-vs-j2me-vs-j2ee-whats-the-difference/

http://allcpl.blogspot.co.id/2015/02/java-characteristics-of-java-how-do-jsp.html

http://stackoverflow.com/questions/11547458/what-is-the-difference-between-jvm-jdk-jre-openjdk

,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *